ABOUT ROYCE GRACIE and RORION GRACIE

 

ROYCE GRACIE      

 

Royce Gracie dilahirkan tahun 1966 di Rio de Janeiro, Brasil. Ayahnya adalah Helio Gracie, legenda Brazilian Jiu Jitsu (BJJ). Ia mendapatkan sabuk hitam BJJ pada usia 18 tahun.  Royce Gracie mulai dikenal sebagai petarung di dunia martial arts ketika pertama kali mengikuti UFC (Ultimate Fighting Championship) 1 tahun 1993 dengan menjuarainya setelah mengalahkan lawan-lawannya yaitu Art Jimmerson /Boxer, Ken Shamrock /Pancrase, dan Gerard Gordeau /Juara Dunia Savate. Di UFC 2 dia mengalahkan 4 lawannya (M Ichihara, Jason Delucia, Remco Pardoel, dan Patrick Smith) untuk kemudian menjadi juara UFC 2. Di UFC 3, setelah mengalahkan Kimo Leopoldo ia tidak melanjutkan pertandingan berikutnya karena cedera (lempar handuk sebelum mulai pertandingan).

 

Di UFC berikutnya ia menjadi juara lagi dengan mengalahkan Ron Van Clief, Keith Hackney, dan Dan Severn.

Di UFC 5 pertandingannya dengan Kem Shamrock dinyatakan draw setelah melalui pertandingan melellahkan selama 36 menit !! (tanpa istirahat). Pertandingan klasik lainnya adalah ketika melawan Kazushi Sakuraba, pegulat profesional Jepang dimana Royce Gracie dikalahkan pada ajang Pride Grand Prix 2000 Finals dengan TKO. Pada tahun 2007 Royce Gracie membalas mengalahkan Sakuraba, hanya saja kemenangan ini dinodai dengan skandal pemakaian anabolic steroid Royce sehingga didenda $ 2.500 oleh California State Athletic Commission.

 

Royce Gracie dengan berat 80 kg dan tinggi 183 cm sering melawan petarung dengan berat badan jauh diatasnya, sampai 50 kg !!!. Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa BJJ adalah beladiri efektif untuk mengalahkan lawan yang lebih besar. Hal ini pertama-tama sebetulnya dilakukan oleh ayahnya Helio Gracie dengan postur tubuh yang kecil dapat mengalahkan lawan yang lebih besar.

 

Bersama kakaknya, Rorion Gracie ia aktif mengembangkan Gracie Academy di Torrance, California .

 

RORION GRACIE

Merupakan anak tertua dari legenda BJJ Helio Gracie, dan kakak dari petarung legenda UFC Royce Gracie. Ia merupakan sedikit orang di dunia yang memegang Ban Hitam tingkat 9 dalam BJJ yang diperolehnya tahun 2003. Rorion adalah salah satu pendiri Ultimate Fighting Championship (UFC), kejuaraan antar lintas beladiri dengan sedikit aturan. Ia mendirikan Gracie Academy di Torrance, California.